Selasa, 24 Maret 2015

Surat Al-ikhlas

:: Surat al-Ikhlash
 
Surat ini adalah surat ke-112 secara tartib mushaf al-Qur’an. Surat ini terdiri dari 4 ayat. Meski demikian, namun surat ini memiliki banyak keutamaan yang agung. Diantaranya ialah :

1. Dari Abu Sa’id al-Khudri, ia berkata, “Ada seorang laki-laki mendengar seseorang membaca, “Qulhuwallaahu ahad’, berulang ulang. Pagi harinya, laki-laki tadi menemui Rasulullah-shallallahu ‘alaihi wasallam- dan menceritakan hal itu kepada beliau, ia menganggap remeh bacaan tersebut. Maka Rasulullah bersabda, “Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh bacaan (Surat al-Ikhlash) itu sebanding dengan sepertiga al-Qur’an.” (HR. al-Bukhari)
 
2. Dari Abu darda dari Nabi, beliau bersabda, “Tidak sanggupkah salah seorang dari kalian membaca sepertiga al-Qur’an dalam semalam?. Mereka balik bertanya, “Bagaimana caranya membaca sepertiga al-qur’an ?. Beliau menjawab, “Qulhuwallahu ahad (Surat al-Ikhlash)“ sebanding dengan sepertiga al-Quran.” (HR. Muslim)
 
3. Dari Anas bin Malik bahwa seseorang berkata, wahai Rasulullah, sesungguhnya aku menyukai surat ini, yaitu “Qulhuwallahu ahad”. Beliau bersabda, “Sesungguhnya cintamu terhadapnya akan memasukanmu ke Surga. (HR. at Tirmidzi dan dishahihkan oleh al-Albani)
 
4. Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wasallam- bersabda, “Barangsiapa membaca, “Qulhuwallahu ahad ‘ hingga usai sebanyak sepuluh kali, Allah membangunkan istana surga baginya (Silsilah al-Ahaadiits ash-Shahiihah)
 
5. Dari Abu Hurairah berkata, “Saya pulang dari perjalanan bersama Nabi –sallallahu ‘alaihi wasalla- lalu beliau mendengar seseorang membaca,’Qulhuwallahu ahad’, maka Rasulullah-shallallahu ‘alaihi wasallam- bersabda, “ Wajib”. Aku bertanya, “Wajib apa ?” Beliau menjawab, “(Mendapatkan) Surga”. (Ali bin Abdullah asy Syahri, “Fadhaailu Suwaril Qur’aanil Karim “, 17/2/1426H)
______________________

(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar