Selasa, 07 Oktober 2014

Kebersihan Jiwa

 :: Kebersihan Jiwa ::
 
Saudaraku
Tentulah anda sepakat dengan saya, bahwa kebersihan tubuh, pakaian, tempat tinggal, dan makanan atau minuman yang akan dikonsumsi  adalah perkara yang sangat penting, karena banyaknya kemanfaatan yang akan didulang oleh seseorang. Oleh karenanya, saya menduga semua orang menyukai kebersihan semua perkara tersebut. Dan, saya merasa yakin bahwa setiap orang yang menyukai kebersihan pada hal-hal tersebut akan berusaha sekuat tenaga mengusahakannya.
 
Saudaraku
Ketahuilah -semoga Allah merahmati anda- bahwa ada perkara yang tidak kalah pentingnya dengan kebersihan perkara-perkara tadi, bahkan jauh lebih penting dan harus lebih diupayakan untuk meraihnya, yaitu, “Kebersihan Jiwa”. Dikarenakan sedemikian pentingnya kesucian jiwa, sampai-sampai Rasullullah –shallallahu ‘alaihi wasallam- merasa perlu untuk mengajarkan kepada sahabatnya agar berdoa memohon kesucian jiwa kepada Allah Ta'ala,
 
اللهم آت نفسي تقواها وزكها أنت خير من زكَّاها. رواه مسلم وغيره
 
"Ya Allah, limpahkanlah kepada jiwaku ketaqwaan, dan sucikanlah, sesungguhnya Engkau adalah sebaik-baik Dzat yang mensucikan jiwa." (HR. Muslim dan yang lainnya).
 
Sebagaimana kesucian jasad memiliki banyak manfaat, maka demikian pula halnya kesucian jiwa. Salah satu di antara manfaatnya, Syeikh As Sa'di berkata, "Kesucian jiwa adalah sarana tercapainya segala kebaikan. Sebagaimana jiwa yang suci merupakan penyeru terbesar kepada setiap ucapan yang baik dan amalan yang benar." (Tafsir As Sa'dy, 231)

Oleh karena itu, marilah bersihkan jiwa kita dari hal-hal yang mengotorinya. Semoga Allah memberikan taufiq. Aamiin

       .    Dakwah Al-Sofwa

«

Tidak ada komentar:

Posting Komentar